MAGNET

 Di sekitar manusia, ada suatu benda yang disebut magnet. Benda ini bisa menarik logam, seperti besi dan baja. Magnet juga dapat ditemukan di banyak peralatan, seperti pada kotak perkakas, ujung obeng, mesin sepeda motor atau mobil, kipas angin, kulkas, dan benda-benda lainnya. Di sekitar manusia, magnet juga dapat ditemukan dari barang-barang bekas.

 Magnet adalah sebuah benda yang punya daya tarik untuk menarik benda-benda di sekitarnya yang punya sifat khusus. Magnet dianggap sebagai benda yang punya sifat memengaruhi bahan-bahan tertentu yang ada di sekitarnya. Tiap magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara (North = N) dan kutub selatan (South = S). Bukan cuma itu juga ada medan magnet bisa membentuk gaya magnet, tak hanya berpaku pada bagian kutub-kutubnya saja. Melainkan medan magnet merupakan daerah magnet yang punya gaya magnet dan daya tarik menarik magnet. 

 Kemudian, terdapat banyak sekali sifat-sifat Magnet. Bahkan medan magnet Bumi saja ditemukan pada tahun 1600 oleh seorang William Gilbert, ilmuwan saintis paling terkemuka di Inggris. Gilbert berteori bahwa Bumi berfungsi sebagai batang magnet raksasa yang memengaruhi semua benda magnet di Bumi. Dikutip dari NASA bahwa, inti Bumi adalah elektromagnetik padat yang dikelilingi inti cair (besi dan nikel cair) yang di dalamnya mengalir arus listrik. Jadi, sifat-sifat magnet yaitu:

1. Magnet bisa menarik benda tertentu

Magnet hanya menarik benda tertentu di sekitarnya, jadi tidak semua benda bisa ditarik magnet meskipun benda tersebut ada disekitarnya. Ada bahan-bahan tertentu yang bisa ditarik magnet. Bahan-bahan tersebut jenis logam. Tapi, tak semua logam bisa ditarik magnet, tergantung jenisnya. Kemudian ada logam yang tertarik begitu kuat, namun ada juga yang lemah.

2. Magnet memiliki dua kutub

Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kedua Kutub letaknya di ujung. Disitulah kekuatan magnet begitu kuat.

3. Kutub yang berbeda akan saling menarik, kutub yang sama akan saling menolak

Jika kutub sejenis didekatkan maka akan terjadi gaya tolak menolak, sementara jika kutubnya berlawanan akan terjadi tarik menarik. Misalkan kita dekatkan kutub utara dengan utara, maka kedua magnet akan saling menolak. Namun jika kita dekatkan kutub utara dan selatan, maka akan terjadi gaya tarik menarik. Kalau kita menggunakan magnet alami dan saat mendekatkan kedua ujung ternyata saling menolak maka bisa kita simpulkan kutub mereka berbeda, sementara jika saling menarik, yakinlah bahwa kutubnya berbeda.

4. Gaya magnet bisa menembus penghalang

Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda. Jadi meskipun ada logam yang terhalang oleh kaca atau kertas, namun logam tersebut tetap terkena gaya magnet. Jadi bukan sulap bukan sihir ya kalo magnet tetap bisa menarik logam meskipun terhalang.

5. Memiliki medan magnet

Magnet memiliki medan magnet yang akan mengeluarkan gaya magnet. Gaya magnet magnet akan semakin rapat jika di dekat medan magnet, namun akan menjauh jika jaraknya juga menjauh dari medan magnet. 

 Sedangkan macam-macam bentuk magnet di antara lainnya:

1. Magnet Batang: Bentuknya mirip batang balok atau kubus.

2. Magnet Silinder: Bentuknya mirip tabung panjang.

3. Magnet Jarum: Bentuk magnet ini mirip jarum kompas dan kedua ujung atau kutub magnet yang lebih runcing.

4. Magnet Cincin: Magnet ini memiliki bentuk seperti bulan mirip cincin.

5. Magnet ladam (Magnet U): Magnet ini bentuknya mirip tapal kuda yang mirip huruf U.

 Ternyata sifat kemagnetan bisa dihilangkan. Cara menghilangkannya adalah dipukul-pukul, dipanaskan, dan dialiri arus bolak-balik. Dapat disimpulkan magnet punya manfaat utama yaitu menarik benda lain seperti benda yang berbahan besi dan baja. Magnet dapat dimanfaatkan untuk industri besi seperti pembuatan katrol dengan gantungan besar yang terbuat dari magnet. Magnet juga diterapkan dalam alat ukur listrik seperti amperemeter atau volmeter.

Komentar